Sidoarjo, Jumat 30 November 2018, tepat nya di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Program Study Manajemen Informasi Kesehatan, mengadakan agenda kuliah tamu, yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa MIK. Pada kuliah tamu kali ini, diangkat tema “Health Information Management: Challanges in Universal Health Coverage and Industry Revolution 4.0” dengan menghadirkan Bapak Amir Ali, S.Kom., M.Kom yang merupakan salah satu anggota pada bidang organisasi dalam organisasi APTIRMIKI (Asosiasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indoenesia) selaku pembicara pada kuliah tamu kali ini.

Kuliah tamu tersebut diawali dengan pengenalan terkait apa itu jurusan Rekam medis dan manajemen informasi kesehatan, prospek kerja serta tugas yang nantinya akan dijalankan oleh perekam medis seperti apa di jelaskan oleh beliau, bapak Ali juga memaparkan terkait kurikulum serta menunjukkan mata kuliah apa saja yang nantinya akan didapatkan pada perkuliahan di jurusan Manajemen Informasi Kesehatan.

Bapak Amir Ali juga memperkenalkan terkait organisasi APTIRMIKI yang mana, organisasi tersebut merupakan organisasi perkumpulan seluruh kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Manajemen Informasi Kesehatan dan juga Rekam medis yang diketuai oleh Ibu Nur Yati. Dan kami juga dikenalkan dengan organisasi PORMIKI yang merupakan organisasi profesi Rekam medis, yang diketuai oleh bapak Edy.

kuliah tamu mik 2

Yang kedua, Bapak Amir Ali juga menjelaskan terkait Revolusi Industri, dimana Revolusi industri di mulai sejak tahun 1784 yang mana saat itu, industri dikembangkan dengan media air dan kekuatan uap, lalu berkembang menjadi revolusi industri 2.0 yang dmulai sejak tahun 1870 dimana saat itu mulai adanya perkembangan serta terciptanya listrik sebagai medianya. Revolusi industri terus berkembang seiring berjalannya waktu, hingga adanya revolusi industri 3.0 yang mana disini, mulai berkembang media seperti HandPhone dan media elektronik lainnya. sehingga  menumbuhkan revolusi industri yang diberi nama revolusi industri 4.0.

pada kuliah tamu kali ini, bapak Amir Ali lebih dalam melakukan pembahasan terkait Revolusi Industri 4.0. revolusi industri 4.0 dikembangkan berbasis jaringan internet dengan memanfaatkan data. Pada revolusi industri 4.0 ada tiga hal yang perlu di ketahui dan di pahami, yakni mengenai,  literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.

Selaku mahasiswa MIK, bapak Amir juga menjelaskan, apa yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa untuk mempersiapkan Revolusi industri 4.0. yakni berupa kreativitas, memiliki inovasi, berfikir secara kritis, positif, memiliki kemampuan bekerja sama yang baik, kemampuan dalam bernegosiasi, mampu berkomunikasi secara efektif, serta memiliki keterampilan  sains of data.

Dan yang terakhir bapak Amir Ali menjelaskan terkait Universal Health Coverage, menurut beliau, UHC memiliki 3 dimensi yang mencakup, cakupan populasi  yang terlindungi (breadth), cakupan pelayanan kesehatan (Depth) dan cakupan keuangan dari paket bantuan direct cost (Height).

Mahasiswa MIK UMSIDA sangat antusias dalam menghadiri agenda kuliah tamu kali ini, acara ditutup dengan adanya tanya jawab yang kemudian di jawab oleh Bapak Amir dengan jelas dan dapat di pahami oleh mahasiswa.(war/Um)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *