Manajemen Informasi Kesehatan UMSIDA Launching Jurnal dan menjadi Co-Host Webinar Nasional Diskusi Riset Teknologi dan Inovasi

21 Oktober 2019 Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan melaksanakan kegiatan Launching Jurnal untuk pertama kalinya, dengan diadakan Launching Jurnal tersebut diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Manajemen Informasi Kesehatan untuk bisa mengembangkan keilmuan dibidang penelitian dan teknologi, selain diadakannya launching jurnal Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan juga menjadi salah satu universitas dari 39 tempat penyiaran kegiatan Webinar Nasional di PTN maupun PTS diseluruh Indonesia.
Kegiatan berlangsung di Aula Siti Khadijah kampus 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dengan nara sumber, Prof. Brian Nosek, Prof. Simine Vazire, dan Prof. Virginia (Ginny) Barbour. Kegiatan Webinar kali ini bertemakan “Advancing Science in Indonesia: Current Global Research Practices“. Kegiatan Webinar memiliki tujuan untuk menekankan pentingnya penguasaan keterampilan dasar meneliti (misalnya, keterampilan meninjau literatur, menganalisis dan menginterpretasi data, dsb.), mengedukasi peneliti mengenai praktik baik meneliti (good research practice) dan mengapa praktik baik meneliti penting bagi peningkatan kualitas riset serta mendorong terciptanya ekosistem riset yang fokus utamanya terletak pada kredibilitas, transparansi, dan kecermatan ilmiah.
Dalam kegiatan Webinar kali ini diminati sekitar 1322 peserta di seluruh Indonesia, dan untuk di wilayah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sendiri hanya menerima peserta sebanyak 100 orang. Webinar ditayangkan secara langsung diseluruh wilayah Indonesia, dari ujung timur Indonesia sampai ujung barat Indonesia.
Suatu kebanggaan bagi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo terlebih Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan untuk bisa menjadi tuan rumah dari diadakannya kegiatan Webinar, seluruh peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, menurut Ibu Umi Khoirun Nisak, SKM.,M.Epid selaku ketua pelaksana acara Launching Jurnal MIK dan Kegiatan Webinar mengungkapkan bahwa “Kegiatan Webinar merupakan kegiatan yang positif untuk dilaksanakan, ini menjadi awal yang baik bagi seluruh Mahasiswa, dan diharapkan Mahasiswa mampu untuk termotivasi dalam melakukan kegiatan riset baik dalam bidang ilmiah maupun teknologi
Beberapa Institusi yang mengikuti kegiatan Webinar kali ini ada dari UI (Universitas Indonesia), UGM (Universitas Gajah Mada), ITB (Institut Teknologi Bandung), UNAIR (Universitas Negeri Airlangga) serta masih banyak universitas baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.(Alfin/War/UKN)

Leave a Reply