pembelajaran interaktif

Inovasi Pembelajaran Interaktif Digital untuk Masa Depan: Meningkatkan Kualitas Pendidikan dengan Video Interaktif

mik.umsida.ac.id – Di era digital, teknologi terus berkembang pesat dan memberikan dampak besar pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Perubahan signifikan dalam cara belajar mengajar semakin terasa sejak pandemi COVID-19, yang memaksa lembaga pendidikan beradaptasi dengan metode pembelajaran interaktif melalui daring.

Baca Juga : Revolusi Digital dalam Akses Layanan Kesehatan yang Lebih Mudah Selama Ramadan

pembelajaran interaktif
Sumber: Fikes Umsida

Salah satu inovasi yang kini menjadi tren dalam dunia pendidikan adalah pemanfaatan video pembelajaran interaktif, yang terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.

Sebuah penelitian dari dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Fikes Umsida), Laili Rahmatul Ilmi SKM MPH bersama timnya, menyoroti pentingnya pendampingan dalam pembuatan video pembelajaran interaktif bagi guru-guru di SMK Bumantara Muntilan Magelang, Jawa Tengah.

Studi ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembuatan materi ajar tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga mendorong kreativitas pendidik dalam menyampaikan materi.

Manfaat Video Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan

Dalam penelitian ini, tim melakukan pendampingan langsung kepada para guru dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi desain seperti Canva for Desktop untuk membuat video pembelajaran yang lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Berikut beberapa manfaat dari penerapan video interaktif dalam pendidikan:

1. Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Pembelajaran berbasis video dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dibandingkan metode konvensional. Visualisasi dalam bentuk animasi atau ilustrasi memudahkan siswa dalam memahami konsep yang kompleks.

2. Mempermudah Pemahaman Materi

Dibandingkan dengan teks atau materi cetak, video pembelajaran memberikan pemaparan yang lebih jelas melalui kombinasi audio dan visual. Hal ini membantu siswa dalam mengingat dan memahami informasi lebih baik.

3. Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Salah satu tantangan dalam pembelajaran daring adalah kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Video interaktif membantu mengatasi masalah ini dengan memungkinkan siswa belajar secara mandiri dengan cara yang lebih menarik.

4. Menyesuaikan Gaya Belajar Siswa

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda—ada yang lebih mudah memahami melalui teks, ada yang lebih suka mendengar, dan ada yang lebih nyaman dengan visualisasi. Video pembelajaran memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk memilih metode yang paling sesuai dengan mereka.

pembelajaran interaktif
Sumber : Unplash
 Peningkatan Kompetensi Guru

Studi ini dilakukan dengan pendekatan bertahap, yang meliputi koordinasi dengan pihak sekolah, pelatihan secara luring, serta pendampingan langsung dalam proses pembuatan video pembelajaran. Beberapa hasil utama dari kegiatan ini meliputi:

  • Peningkatan pemahaman guru terhadap teknologi pembelajaran digital, ditunjukkan dengan hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan lonjakan pemahaman setelah pelatihan.
  • Kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran interaktif meningkat signifikan, dengan pemanfaatan aplikasi desain seperti Canva dan teknik text-to-speech untuk membantu narasi video.
  • Antusiasme tinggi dari para peserta pelatihan, yang menunjukkan bahwa inovasi ini dapat menjadi solusi jangka panjang dalam meningkatkan efektivitas pengajaran.

Penelitian ini menggarisbawahi bahwa pemanfaatan teknologi dalam pendidikan bukan lagi sekadar opsi, tetapi menjadi kebutuhan utama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Video pembelajaran interaktif menjadi solusi inovatif yang dapat diterapkan oleh para pendidik untuk menciptakan materi ajar yang lebih menarik, efektif, dan mudah dipahami oleh siswa.

Baca Juga : Manajemen Mutu dalam PKL 2 Mahasiswa di RSI Jemursari untuk Peningkatan Kompetensi

Dengan pendampingan yang tepat, seperti yang dilakukan oleh tim Laili Rahmatul Ilmi, SKM., MPH, guru-guru dapat lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Ke depannya, digitalisasi dalam dunia pendidikan akan terus berkembang, dan para pendidik diharapkan dapat beradaptasi dengan perubahan ini untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif.

Bertita Terkini

komprehensif
PKL Komprehensif MIK Umsida Wujudkan Kesiapan Mahasiswa Hadapi Tantangan Rekam Medis Elektronik
September 12, 2025By
pangan
MIK Umsida Hadirkan Solusi Cerdas Pangan Lokal untuk Pencegahan Stunting
September 10, 2025By
kompeten
100% Kompeten! Mahasiswa MIK Umsida Sukses Tembus UKOMNAS CBT dengan Persiapan Matang
September 4, 2025By
sensimik
SENSMIK 2025 Ungkap RME Jadi Kunci Visualisasi Data Lebih Cerdas dalam Revolusi Digital di Dunia Kesehatan
August 23, 2025By
MIK Umsida
MIK Umsida Siap Menjawab Tantangan Digitalisasi Layanan Kesehatan dengan Rekam Medis Elektronik
August 21, 2025By
MIKCAMP
HIMA MIK Umsida Gelar MIKCAMP 2025, Dorong Optimalisasi Diri Penuh Inspirasi
July 29, 2025By
PKL Sistem
Pembukaan PKL Sistem dan Subsistem RMIK MIK Umsida Dorong Mahasiswa Siap Hadapi Dunia Kerja
July 23, 2025By
Kuliah tamu
Kuliah Tamu MIK Umsida Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa Akurasi Koding Rumah Sakit dan Efisiensi Layanan dengan iDRG
July 17, 2025By

Prestasi

Laboran MIK Umsida Raih Best Presenter Lewat Inovasi Augmented Reality Terminologi Medis
October 30, 2025By
pangan
MIK Umsida Hadirkan Solusi Cerdas Pangan Lokal untuk Pencegahan Stunting
September 10, 2025By
Desain Interface
Syifa Suryaning Ati Raih Juara 1 Lomba Desain Interface Rekam Medis Elektronik Nasional
September 2, 2025By
dok istimewah mahasiswa
Inspirasi dari Lulusan Mahasiswa Inklusif: Kisah Perjuangan dan Motivasi Candra Nur Azizah di Prodi MIK FIKES
December 28, 2024By
jura 2 lomba video dalam acara HUT DPD PORMIKI Jawa Timur ke 28 Tahun
December 5, 2022By