Berkah Ramadhan di Tengah Pandemi

Pada tanggal 8 mei 2021, Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Kesehatan mengadakan kegiatan yakni BERKAH RAMADHAN yang mengusut tema “Edukasi Pencegahan Covid-19 Untuk Anak Usia Dini” di TPQ BAITUR ROHMAN Desa Biting-Suko secara luring.
Dengan menyambut bulan Ramadhan yang kedatangannya selalu dinanti-nanti oleh orang beriman dengan penuh rasa suka cita, gembira dan bersyukur, Sebab di bulan Ramadhan merupakan bulan rahmat, bulan ampunan dan bulan pembebasan dari api neraka. Namun Ramadhan kali ini, kita diuji oleh Allah SWT dengan adanya wabah Covid-19 dimana banyaknya pembatasan pola ibadah yang sifatnya mengundang kerumunan massa/banyak orang. Sebagai seorang muslim sejati, keadaan seperti saat ini harus disikapi dan dihadapi dengan hati yang tenang (sakinah). Tetap melaksanakan ibadah-ibadah di bulan ramadhan dengan penuh keikhlasan. Tertanam dalam hati sebuah keyakinan bahwa Allah SWT akan memberikan jalan kemudahan bagi orang-orang yang bertakwa dalam menghadapi berbagai musibah.
Dalam kegitan BERKAH RAMADHAN tersebut diperkirakan jumlah peserta yang ikut berpartisipasi mencapai 30 orang yang terdiri dari santri – santriwati dan ustad – ustazah dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan. Seluruh acaranya berjalan dengan baik dan pesertanya juga sangat antusias sekali. Diawali dengan pembukaan dan sambutan – sambutan dari ketua pelaksana BERKAH RAMADHAN dan kemahasiswaan pada pukul 15.00 WIB yang dilanjutkan dengan do’a, kemudian peserta diberikan edukasi – edukasi yang berguna untuk pencegahan covid – 19 dan tatacara puasa yang benar, pada edukasi tersebut peserta juga diberikan kuis – kuis yang menarik yang juga terdapat hadiah bagi yang bias menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar.
Setelah itu MC menyampaikan penutupan acara pada pukul 16.50 yang dilangsungkan bersamaan dengan pembagian takjil kepada peserta acara BERKAH RAMADHAN dan sumbangan kepada pengurus TPQ BAITUR ROHMAN Desa Biting-Suko.

Leave a Reply